Perbedaan Susu Evaporasi Dan Susu Kental Manis

beberapa hari yang lalu saya melakukan kesalahan saat ingin membeli susu kental manis secara online untuk tambahan kopi, saya baru sadar setalah barangnya sampai ternyata yang saya beli bukan susu kental manis melainkan susu evaporasi, saya belum tau perbedaan susu evaporasi dan kental manis tapi yang membuat saya penasaran di kalengnya ada gambar opor ayam jadi saya pikir mungkin susu pengganti santan seperti fiber creme lalu saya mencari jawabannya lewat google dan berikut penjelasannya:

susu evaporasi



SKM dan susu evaporasi adalah bentuk konsentrat susu yang sekitar 60 persen kandungan airnya sudah dihilangkan, perbedaan utama antara kedua jenis susu kalengan ini adalah kandungan gulanya. seperti namanya, SKM selalu diberi pemanis, sementara susu evaporasi tidak. 


dalam proses pembuatan SKM, gula ditambahkan ke dalamnya setelah 60 persen kandungan air dalam susu dihilangkan. Setelah itu, susu dikemas di dalam kaleng. Kandungan gulanya sendiri sekitar 40 hingga 45 persen


Seperti SKM, susu evaporasi dibuat dengan cara memanaskan susu sampai sekitar 60 persen kandungan airnya telah menguap atau terevaporasi. Susu lantas dihomogenisasi, dikemas dan disterilisasi.


Hasilnya adalah susu yang pekat, creamy dan sangat terkonsentrasi yang bisa disimpan selama beberapa bulan.Suhu panas yang digunakan untuk memproses susu evaporasi juga memberi sedikit rasa karamelisasi, dan warna yang sedikit lebih gelap dibandingkan susu biasa.

 

Susu evaporasi ada 2  jenis, yaitu skim, low-fat (rendah lemak) dan whole milk.


Yang saya tahu SKM biasanya digunakan untuk membuat tambahan makanan manis, seperti puding, es krim atau pemanis kopi dan teh, dari yang saya baca susu evaporasi lebih cocok digunakan untuk masakan kaya opor, sup, aneka saus creamy , karena membuat cita rasa masakan menjadi gurih.

Sebagai informasi, susu evaporasi yang juga bisa dipakai untuk membuat dessert tersebut juga merupakan bahan pembuat minuman Thai tea.











Tidak ada komentar:

TINGGALKAN JEJAK

Diberdayakan oleh Blogger.